-->

Inilah Alasan Mengapa Lalat Sangat Susah untuk Dipukul

Tak dapat disangkal bahwa kehadiran lalat dirumah benar-benar sangat menjengkelkan, terlebih apabila lalat itu mengelilingi lalu hinggap di makanan Anda. Disamping kotor, suaranya yang menjengkelkan dapat menaikkan emosi Anda. Apa sesungguhnya yang bikin lalat jadi satu diantara hewan yang susah dipukul?

1. Menurut riset yang dilaksanakan oleh Michael Dickinson dari Caltech, inilah satu diantara alasan kenapa lalat sulit dipukul. Lalat bisa mengidentifikasi ancaman dari bermacam tempat di sekelilingnya. Hal semacam ini diperlihatkan lewat perekaman manuver lalat yang terancam pukulan memakai kamera mutakhir beresolusi tinggi. Otak lalat yang luar biasa bakal menyadari seberapa jauh ancaman yang ada di sekelilingnya saat sebelum mengambil keputusan untuk mengepakkan sayap serta pergi dari tempat itu. Lalat bakal memperkirakan arah ancaman serta ia setelah itu menumpukkan kaki untuk terbang ke arah berlawanan. Semua prosedur ini bisa dikerjakan lalat dengan amat cepat, yakni kira-kira 100 milidetik sesudah lalat mendeteksi satu bahaya. Ini adalah kecepatan yang benar-benar fantastis.
Inilah Alasan Mengapa Lalat Sangat Susah untuk Dipukul

2. Michael Dickinson juga menyatakan alasan kedua mengapa seekor lalat sangat sulit untuk dipukul. Inilah alasan kenapa lalat sulit dipukul yang kedua: lalat telah mengintegrasikan proses informasi dari matanya dengan sensor metasensorik yang terdapat di kaki lalat. Hasil pengolahan data dari penelitian tersebut juga memberikan output yang mengejutkan, yaitu bahwa lalat ternyata memiliki sistem pemetaan posisi ancaman di dalam otaknya. Sebagai binatang kecil, kondisi beserta kemampuan ini tentu akan menguntungkan pihak lalat karena lalat akan semakin mudah mendapatkan makanan dengan kemungkinan terpukul yang bisa dibilang sangat kecil.



3. Berdasarkan hasil yang telah dipaparkan sebelumnya, Michael Dickinson menyarankan suatu cara yang beliau anggap paling efektif untuk memukul lalat. Lalat susah dipukul inilah alasannya: pemrosesan otak yang sangat cepat. Untuk itu, waktu memukul lalat sebisa mungkin lebih cepat dari kedipan mata dan bukan pada saat lalat siap terbang. Hindari posisi Anda yang terlihat seperti hendak memukul lalat karena lalat akan langsung mengidentifikasi hal tersebut serta menandai Anda sebagai ancaman. Anda bisa menggunakan flyswatter yang banyak dijual di pasaran atau jika Anda hanya ingin memerangkap lalat, Anda bisa menggunakan lem lalat yang dioleskan ke atas kertas.

Menyemprot lalat di dapur tentu sangat tinggi risikonya karena bahan makanan atau peralatan makan bisa terkena racun dari semprot tersebut. Jika Anda menggoreng sesuatu seperti ikan atau sambal yang sangat tajam aromanya, gunakan alat penghisap asap yang akan membantu mengurangi aroma tajam sehingga semakin kecil kemungkinan lalat untuk datang. Jika hal tersebut tidak bisa dihindari, bukalah pintu dapur Anda (apabila ada). Aroma tajam mungkin akan keluar dan mengundang lalat, namun celah dari pintu yang terbuka juga akan membantu mengusir lalat ke luar kembali tanpa harus memukulnya. Hal yang paling penting dilakukan untuk mencegah lalat datang adalah dengan rutin membersihkan dapur atau ruangan Anda, terutama bagian tempat sampah. Seperti yang Anda sudah tahu, tempat sampah yang penuh dan kotor merupakan ‘surga’ bagi hewan kecil bersayap ini.

Fakta yang telah dijabarkan di atas merupakan fakta ilmiah mengapa lalat sangat sukar untuk dipukul. Semoga artikel mengenai inilah alasan mengapa lalat sangat susah untuk dipukulini dapat membantu Anda, begitupun tips-tipsnya.

0 Response to "Inilah Alasan Mengapa Lalat Sangat Susah untuk Dipukul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel