-->

9 Tips penting membeli hp bekas yang baik

9 Tips penting membeli hp bekas yang baik - Apakabar hari ini kawan.... ?

Dalam sesi kali ini saya akan membagikan tips penting cara membeli hp bekas yang baik, siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya ANDROID ? ya.. hampir semua kenal, dengan handphone bersenjata canggih ini kita bisa melakukan berbagai banyak hal salah satunya kita dapat berbrowsing atau yang lagi trend di android kita dapat melakukan BBM (blackberry masanger), ya inilah kelebihan yang tampak jelas pada hp android.

saya beri tahu kelebihan hp android daripada handphone blackberry “hp android bisa untuk BBM’an sedangkan Blackberry tidak bisa untuk ANDROID ‘an” hehehe...just kidding.
tips membeli hp bekas
tips membeli hp bekas


Kembali lagi ke permasalahan topik, hp bekas kini sangat diminati oleh para konsumer/pembeli dikarenakan ekonomis dan irit di kantong pembeli, mungkin bagi anda penggila handphone android sangatlah ingin memiliki smartphone keluaran terbaru atau setidaknya hp tersebut memiliki spesifikasi yang bagus/sesuai dengan keinginan, namun apalah daya jika harga hp tersebut masih melambung tinggi.

Jika anda penggila smartphone pasti anda akan melakukan berbagai cara untuk memiliki smartphone yang di idam-idamkan tersebut, salah satunya adalah setidaknya dengan membeli smartphone bekas, namun hati-hati saat anda membeli hp bekas..!! kita harus tahu tentang seluk beluk hp tersebut/latar belakangnya, ya... itu adalah cara untuk mengantisipasi agar kita tidak tertipu/menyesal dengan membeli hp bekas tersebut.

Banyak study kasus yang terjadi di kalangan konsumer/pembeli yang menyesal karena telah membeli hp bekas, berikut adalah kasus yang kerap terjadi :

-  Harga hp bekas tidak sesuai dengan pasaran, contoh dari kasus ini adalah misalkan hp A standart pemasaranya adalah Rp.1.000.000,-, namun karena kita tidak tau pemasaran standart hp A tersebut kita bisa dibodohi oleh si penjual tersebut dengan harga yang tinggi atau tidak sesuai standart pemasaran hp bekas tersebut.

-  Kerusakan tersembunyi atau tidak kasat mata, contoh dari kasus ini adalah rusaknya speeker, tombol keypad, touch screen, network, koneksi dll.

-  Tertipu dengan penampilan luarnya saja, contoh dari kasus ini adalah misalkan kita membeli sebuah hp bekas dengan harga misalkan Rp.1.000.000,- dengan body yang masih mulus dan cantik, itu yang membuat kita terkesima dengan hp bekas tersebut sehingga tanpa berfikir panjang kita langsung saja membelinya tanpa keraguan, yang perlu anda ketahui adalah “RUPA TIDAK SELALU MEMBAWA KEBAHAGIAAN” yaa itu..  memang cantik dan mulus diluar tapi bagaimana kalau busuk di dalamnya ? kembali ke diri anda masing-masing.

-  Ternyata hp bekas tersebut sudah tidak perawan/sudah tidak tersegel, kerugian dari hal ini adalah garansi handphone tersubut akan hilang/ tidak berlaku lagi karena sudah di sentuh oleh mekanik lain, juga pda saat kita menjualnya lagi harga handphone tersebut akan menurun.

-  Hp bekas tersebut spesifikasinya tidak mencukupi  dengan keperluan yang kita butuhkan, contoh dari kasus ini adalah misalkan pada smartphone ini kita ingin memasang BBM, LINE, whatsaap dll, namun apakah kita bisa memasang aplikasi tersebut dengan RAM yang hanya 225mb saja ? mungkin bisa untuk beberapa namun itupun sangat memaksakan sehingga handphone tersebut akan menjadi lola/lag.

-  Baterai hp bekas tersebut ternyata cepat ngedrop, yang satu ini sangatlah merugikan terutama pada saat kita bepergian jauh.

-  Kelengkapan hp bekas tersebut kurang, contoh dari kasus ini adalah ketika kita membeli hp bekas misalkan tanpa charger, hal ini sangat merugikan selain kita harus memberi charger baru, charger yang bukan dari bawaan handphone tersebut atau bukan ORI akan membuat baterai kita lama kelamaan menjadi rusak.


Itulah berbagai kasus yang kerap terjadi oleh para konsumer yang membeli  hp bekas, namun jangan khawatir jika anda membaca artikel ini sampai tuntas dan di terapkan pada diri anda sendiri, nahh berikut ini saya akan berbagi tips penting membeli hp bekas yang baik, berikut tipsnya :
 
tips membeli hp bekas
tips membeli hp bekas


Tips penting membeli hp bekas yang baik :

1.   Cek visual keadaan luar terlebih dahulu, ini yang sangat mendasar kita harus mengecek keadaan luar seperti cassing, lubang charger, headset, slot memory, LCD dll.

2. Ceklah dengan mendetail berbagai media dan komponen sebelum membeli hp bekas diantaranya adalah speeker, LCD, keypad, touchscreen, microfone, earfone, navigasi, network, koneksi, dll, itu bertujuan untuk mengantisipasi berbagai kerugian yang dapat terjadi ketika kita membeli hp bekas tersebut.

3.   Sebelum membeli hp bekas kita harus mengetahui handphone tersebut masih tersegel atau sudah tersentuh tangan mekanik, salah satu caranya adalah melihat mur handphone tersebut apakah masih terselipkan segel atau tidak.

4.   Pada hp android pastikan dulu  handphone tersebut sudah di ROOT atau belum, jika sudah sebaiknya jangan membeli handphone tersebut karena garansi handpone tersebut sudah hilang, juga handphone akan lebih mudah untuk terkena virus sehingga handpone akan lebih cepat rusak, dalam kasus ini sebaiknya anda bertanya dahulu kepada penjual apakah smartphone ini sudah di ROOT atau belum atau kita bisa cek dengan aplikasi ROOT CHEKER anda bisa download aplikasi tersebut di google play.

5.   Sebelum kita membeli hp bekas kita harus tau spesifikasinya yang bisa diterapkan pada kebutuhan kita, misal jika anda ingin memasang BBM, LINE, Whatsapp di smartphone yang anda mau beli yang harus di perhatikan adalah RAM handphone tersebut, untuk memasang aplikasi seperti yang di atas saya sarankan sebaiknya handphone tersebut harus memiliki RAM minimal 512mb ke atas.

6.   Pastikan handpone tersebut memiliki kelengkapan yang masih orisinil seperti baterai, charger, headset dll, ini sangat penting untuk keawetan handphone tersebut.

7.   Kita harus mengetahui pemasaran standart hp bekas tersebut, kita bisa mengecek di google.com tulis di penelusuran tersebut dengan keyword harga hp bekas A(merek handphone) terbaru, di lihat dulu beberapa forum yang menyediakan harga hp second tersebut lalu di bandingkan/mencari rata-ratanya, atau kita bisa konsultasi kepada kawan atau bergabung dengan group jual beli lalu kita bisa berkonsultasi kepada anggota untuk saling mengutarakan pendapat kalau HP A dengan harga sekian pas dengan standart pemasaran atau tidak.

8.   Tanyakan kepada penjual apa alasan penjual menjual handphonya, cara ini bertujuan untuk mengetahui apa tujuan penjual untuk menjual handphonya, apakah karena bosan, ada kerusakan, masalah ekonomi/kebutuhan uang atau sebagainya, dari apa alasan penjual menjual handphonya kita bisa ambil keuntungan dari alasan itu. Misalkan penjual menjualnya karena faktor kebutuhan uang kita dapat merayu sang penjual untuk menjual handphonya seminimal mungkin, karena penjual butuh dana cepat, itupun sesuai dengan kemampuan kita untuk merayunya.

9.   Bersabar dan tekunlah dalam memilih itu adalah elemen yang sangat penting sekali karena ini adalah pondasi yang mendasari berbagai tips di atas.

Nahh itulah tips membeli hp bekas yang baik, semua kembali ke diri anda masing-masing, bijaklah dalam menganalisis suatu hal, tekun dan bersabar dari situ kita akan memiliki sesuatu sesuai kemauan hati dan bukan dari nafsu kita.

Budayakan membaca.. dari membaca kita dapat menemukan jalan keluar karena membaca adalah sebuah kompas yang menuntun kita untuk menuju jalan yang benar.

baca juga ;


saya kira sekian dulu dari saya, sampai jumpa kawan di sesi berikutnya...






9 Tips penting membeli hp bekas yang baik


0 Response to "9 Tips penting membeli hp bekas yang baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel