-->

Cara Membuat Efek Bayangan Di Photoshop

Sebelum mempraktikkan membuat bayangan secara prespektif, ada baiknya anda mengetehui tentang apa itu gambar prespektif. Gambar perspektif merupakan bayangan pada bidang vertikal (bidang gambar) yang diletakkan antara benda dan titik penglihatan tetap.

Cara Membuat Efek Bayangan Di Photoshop


Prinsip dasar menggambar perspektif Garis-garis sejajar pada benda bertemu di satu titik dalam ruang, dinamakan titik hilang. Pada dasarnya, semua sistem perspektif berpangkal pada dua metode dasar, yaitu gambar bebas tangan (free hand) dan gambar terukur. Gambar perspektif terukur dipakai untuk mengartikan suatu bentuk benda atau objek dengan akurat.

Untuk metode ini dipergunakan alat-alat gambar, dan skala-skala ukuran diambil langsung dari gambar rencana. Gambar bebas tangan dipakai untuk memberikan penjelasan (detail) sebuah gambar. Kedudukan-kedudukan objek didapat dari suatu kombinasi kerja tebak (sistem kira-kira) dan konstruksi dengan perkiraan yang hampir tepat. Di sini tidak dibutuhkan ukuran yang pasti dan tepat.

Di dalam photoshop anda akan menemukan bagaiamana cara membuat bayangan secara prespektif. Pada umumnya sebuah objek memiliki sebuah bayangan yang dapat terpantul. Kali ini, artikel berikut akan membahas tentang cara membuat bayangan di depan secara prespektif.

Umumnya bayangan yang muncul pada sebuah objek dapat dilihat dari sumber cahaya yang memantulkan pada objek tersebut. Apabilah sumber cahaya yang terpantul berada dari sebelah kiri objek maka bayangan yang didapatkan ada di sebelah kanan objek.

Memunculkan bayangan akan menarik jika dilihat dari sudut pandang jika bayangan objek yang dihasilkan berada di depan objek. Sebab memunculkan bayangan yang berada di sebelah kanan atau di belakang objek sepertinya sudah umum.

Pada kesempatan ini, anda coba mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mencoba membuat sebuah bayangan pada objek berupa teks yang memiliki bayangan berada di depan. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Membuat Efek Bayangan Di Photoshop

  1. Pertama buatlah sebuah dokumen baru dengan cara menekan CTRL+N, untuk ukuran kanvasnya kalian bisa atur sendiri sesuka hati kalian.
  2. Kemudian isilah layer background dengan sebuah warna gradasi sesuai keinginan anda (cobalah dengan menggunakan warna putih dan gray), atau kalian juga bebas menggunakan backgound apa saja sesuai keinginan kalian.
  3. Lalu aktifkan tool Type atau tekan tombol “T” pada keyboard. Kemudian tulis lah sebuah teks dan beri warna teks tersebut dengan warna yang kalian inginkan dan jangan lupa pilih font yang kalian suka, lalu tekan ENTER.

    Pada kesempatan kali ini saya menggunakan font "Hollywood capital" yang sudah saya edit sedimikian rupa hingga menjadi seperti di bawah ini.

    Cara Membuat Efek Bayangan Di Photoshop
  4. Jika sudah membuat text silahkan kalian duplikat layer tersebut dengan cara tekan CTRL+J, maka pada menu layers akan ada duplikat dari layer text tadi.
  5. Setelah itu tekan tombol CTRL+T untuk mengaktifkan perintah free transform. Lalu klik mouse sebelah kanan, setelah menu option muncul, pilih flip vertical.
  6. Kemudian turunkan ke bawah menggunakan tombol panah ke bawah, sehingga objek dalam posisi berlawanan seperti pantulan cermin, jika sudah tekan ENTER maka kurang lebih tampilanya akan seperti ini.

    Cara Membuat Efek Bayangan Di Photoshop
  7. Selanjutnya tekan CTRL+T untuk mengaktifkan fungsi free transformation kembali. Klik tombol mouse kanan untuk mengaktifkan option, lalu pilih perpective.
  8. Jika sudah, seret di bagian bawah entah itu sudut kanan, tengah atau kiri ke arah yang kalian mau untuk dapat membentuk bayangan yang perspektif. Setelah selesai tekan ENTER.

    Cara Membuat Efek Bayangan Di Photoshop
  9. Untuk membuat efek bayangan adalah membuat teks tersebut menjadi warna gelap, caranya pada menu layer pilih layer style > color overlay > dan ganti warnanya mnjadi warna hitam.

    Cara Membuat Efek Bayangan Di Photoshop
  10. Sekarang agar bayangan terlihat lebih realistis, pilih filter > blur > gaussian blur dan aturlah radius sesuan kebutuhan kalian, kalau saya di 1.0 pixels.
  11. Lalu, aktifkan tool marquee untuk membuat seleksi. Dalam pembuatan seleksi ini buatlah 1/3 bagian dari bayangan. Kemudian pilih select > modify > feather. Kemudian masukkan angka sekitar 9 pixels.
  12. Setelah terbentuk sebuah seleksi, kemudian pilih filter – blur – gaussian blur untuk membuat kesan kabur, dan kemudian masukkan angka 2 pixels.
  13. Ulangi lagi seperti pada langka ke- 11, namun buatlah seleksi 2/3 dari bayangan tersebut lalu yang terakhir lakukan bada bayangan penuh, maka kurang lebih hasilnya akan seperti ini.

    Cara Membuat Efek Bayangan Di Photoshop
  14. Lalu kalian bisa kreasikan gambar tersebut dengan menambahkan efek cahaya dll..

    Cara Membuat Efek Bayangan Di Photoshop
  15. Selesai....
 Bagaimana menarik bukan? Tips tersebut dapat membantu anda membuat bayangan yang lebih menarik, yakni bayangan objek yang berada di depan dan terlihat lebih prespektif. Selain objek berupa teks, anda juga bisa mencoba objek yang lain. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Membuat Efek Bayangan Di Photoshop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel