-->

Sejarah SAMSUNG beserta perkembanganya

Samsung merupakan perusahaan teknologi yang berpusat di Seoul, Korea Selatan yang didirikan oleh Lee Byung-chul sejak tahun 1983 dimana untuk pertama kalinya amsih bernama Samsung Group yang kemudian pada tahun 1951 berubah nama menjadi Samsung Cooperation.


Sejarah SAMSUNG beserta perkembanganya


Pada tahun 1969 dibentuk Samsung Electronics, lebih dikenal dengan Samsung Electric Indutries yang berpusat di Daegu, Korea Selatan dengan berbagai produk keluarannya seperti kalkulator, lemari es, pendingin ruangan dan mesin cuci.


Pada tahun 1981 perusahaan ini telah berhasil menjual produk TV hitam putih sebanyak 10 juta lebih.Tujuh tahun kemudian, pada tahun 1988, Samsung memutuskan untuk bergabung dengan Samsung Semiconductors dan Communications.

Samsung Electronics lebih fokus dalam hal peningkatan teknologi yang cenderung mengarah ke dua lembaga penelitian, yakni lembaga penelitian dan lembaga pengembangan (litbang). Kemudian, Samsung Electronics mengembangkan produknya ke jangkauan yang lebih jauh lagi di bidang elektonik, semikonduktor telekomunikasi optik berserta berbagai macam bidang baru inovasi teknolgi dan nanoteknologi hingga arsitektur dengan jaringan yang cukup canggih.

Dengan produk-produknya yang semakin meluas ke berbagai jaringan, maka tak heran bila merger antara Samsung Electronics dengan Samsung Semiconductors menjadi tonggak sejarah besar di tahun 1980. Tujuh tahun kemudian, CEO Samsung, Lee Byung-chul meninggal dunia dan posisi kedudukan CEO diserahkan kepada putranya Lee Kun-hee.

Sebagai ketua Samsung yang baru, Lee Kun-hee harus lebih memasarkan produk Samsung ke belahan dunia guna meningkatkan investasi di masa depan dengan cara merekonstruksi beberapa varian produk lama yang telah dikembangkan dan juga memasuki bisnis baru dengan visi yang telah terpatri yaitu menjadi salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia.


Sejarah SAMSUNG beserta perkembanganya


Lee Kun-hee berhasil menunjukan kemampuannya dalam memimpin perusahaan Samsung dengan dibuktikan adanya inovasi keluaran produk-produk terbaru selama sembilan tahun seperti produk penyejuk udara di tahun 1980, 10 juta TV hitam putih dan anak perusahaan produksi yang pertama di luar negeri yakni di Portugal pada tahun 1982.

produksi computer pribadi (PC) pada tahun 1983, ekspor VCR untuk pertama kalinya ke Amerika Serikat pada tahun 1984, peralatan rumah tangga, produk telekomunikasi dan semikonduktor pada tahun 1988, hingga pada tahun 1989 yang berhasil memproduksi televisi berwarna dan mampu terjual lebihn dari 20 juta produk.

Kemudian pada tahun 1990, Samsung mulai mengambangkan produknya dengan membangun produk dan melakukan ekspansi secara global di Amerika Serikat ketika bekerja sama dengan Sprint, Inggris, Jerman, Thailand, Meksiko, Cina dan Spanyol selama tujuh tahun berturut-turut.

Untuk pertama kalinya pada tahun 1993, Samsung merilis telepon genggam seri SH-700 yang dirancang dengan desain ukuran kecil dan ramping dengan kualitas suara yang jernih.

https://news.samsung.com/global/history-of-samsung-11-adoption-of-new-corporate-identity-and-development-of-worlds-first-256-mega-dram-semiconductor-1993-1997

Sayangnya pada tahun 1997, perjalanan bisnis teknologi di Korea tidak semulus pada tahun-tahun sebelumnya, tidak terkecuali Samsung. Bahkan Samsung sampai menjual bisnisnya untuk meringankan hutang yang melilitnya dengan mengurangi karyawan sejumalah 50.000.

Pada akhir abad 20, lebih tepatnya pada kuartal 3 tahun 2008, Samsung berusaha dengan giat dalam memproduksi 50 juta handset ketika sedang terjadi resesi global untuk pertama kalinya dalam sejarah. Memasuki awal tahun 2009, produk Samsung mampu terjual cepat yang menduduki posisi kedua setelah Nokia.

Di awal tahun 2009 ini Samsung juga mengenalkan produknya yang berupa Samsung Mobile dan T-Mobile dengan kamera beresolusi 8 Megapixel dan merupakan kamera terbaik saat itu.

Dari tahun 2009, Samsung sudah bertekat untuk selalu berdedikasi dalam mengembangkan produk ponsel 3G, pembuatan video, kamera untuk memenuhi permintaan konsumen secara umum. Walaupun pernah mengalami kegagalan dengan lilitan hutang yang tidak bisa dibilang sedikit, namun Samsung tetap mampu dan bahkan telah sukses dalam membuat pertumbuhan yang selalu stabil dalam industri teknologi, khususnya dalam industri ponsel pintar atau smartphone hingga terus berkembang sampai sekarang.

Persaingan dunia yang ketat di bidang teknologi terutama dalam hal penjualan laptop, notebook, perangkat PC, tablet hingga smartphone mampu dilalui Samsung dengan sukses walaupun pesaing lainnya juga berhasil memasarkan produk dengan spesifikasi yang tidak kalan dengan Samsung.

Itulah sejarah singkat mengenai Samsung dan perkembanganya sedari dulu hingga sekarang menjadi produk primadona yang kini sangat diminati oleh berbagai kalangan...





0 Response to "Sejarah SAMSUNG beserta perkembanganya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel