-->

Cara mengatasi modem yang tidak terdeteksi/terbaca di komputer/laptop

Cara mengatasi modem yang tidak terdeteksi
Cara mengatasi modem yang tidak terdeteksi

Cara mengatasi modem yang tidak terdeteksi/terbaca di komputer/laptop - Selamat hari ini kawan....
Dalam sesi kali ini dengan semangat saya akan membagikan cara mengatasi modem yang sulit terdeteksi di komputer maupun laptop.

Modem adalah media kita untuk memperoleh koneksi internet di komputer maupun laptop, dengan modem kita dapat melakukan aktivitas di internet seperti sekedar browsing, download, upload dan lain-lain, keuntungan dari modem adalah kita bisa bawa kemanapun koneksi tersebut, dengan modem kita bisa selalu terhubung dengan koneksi dimana saja asalkan di daerah/tempat tersebut mempunyai signal yang mendukung untuk konektivitas.

Pada awalnya kita menggunakan modem untuk melakukan browsing,  download, upload, dll modem tidak mengalami masalah dan lancar-lancar saja dengan koneksi dari modem tersebut.

"Nahh.. ini ko modemnya tidak terdeteksi ?? apa modemnya sudah rusak yah ??" dengan pikiran yang seadanya dan sederhana kita beranggapan bahwa modem tersebut sudah rusak, Buang jauh-jauh pikiran negatif itu dari benak kalian.

Kenapa harus di buang jauh-jauh pikiran negatif itu ?? karena anda juga bisa memperbaikinya dengan bermodal semangat dan tentunya pikiran positif pasti anda juga bisa memperbaikinya tanpa harus membuang atau dengan menggantikanya dengan modem yang baru.

Yang anda lakukan adalah benar dan tepat, yaitu bertanya pada Mbah GOOGLE, dan mencari solusi dari permasalahan tersebut, sehingga tanpa sengaja kalian mengunjungi blog saya Teknologikaku.
Di Teknologikaku anda akan mendapatkan berbagai macam Tips & Trick dan Tutorial Keren yang akan memberikan anda Wawasan Menyenangkan di kehidupan kalian.

Saya juga pernah mengalami apa yang kalian alami yaitu modem seakan tidak terdeteksi atau tidak terbaca oleh sistem, dalam kasus ini kita sering berfikir bahwa modem yang kita beli seakan tidak bisa digunakan lagi/rusak.

Sebaiknya jangan berfikir untuk membuang atau membeli modem yang baru, alanngkah baiknya kita mencoba memperbaikinya terlebih dahulu dengan berbagai cara sebelum membuangnya jauh-jauh.

Sebelum mengetahui cara memperbaikinya alangkah baiknya kita mengetahui sebab-sebab yang menimbulkan modem kita tidak terdeteksi oleh sistem, hal ini bertujuan agar kita lebih berhati-hati dan mengantisipasi agar tidak lagi terulang kejadian modem yang tidak terdeteksi tersebut.

Simaklah penyebab berikut dan resapi di benak kalian...

Penyebab modem tidak terdeteksi di komputer/laptop


  • Pelepasan modem dengan sembarangan
Dalam kasus ini kita sering melepas modem dengan sembarangan atau tidak sesuai dengan aturan, tanpa kita sadari hal ini adalah pemicu yang menyebabkan modem kita tidak terdeteksi/terbaca.

Dari kasus ini alangkah baiknya ketika kita selesai menggunakan modem jangan langsung cabut modem tersebut, sebaiknya kita mencabutnya secara halus atau keadan yang memungkinkan kita untuk mencabutnya dengan aman.

Caranya :

- Ketika kita selesai menggunakan modem disconnect terlebih dahulu modem tersebut.
- Setelah itu eject device modem tersebut.
- Setelah kedua langkah tersebut dilakukan baru kita boleh melepas modem tersebut dengan aman.



  • Modem terinfeksi virus
Virus adalah musuh utama dari sistem komputer kita, jadi merupakan hal wajar bagi computer untuk tidak mengindeks/menolak modem tersebut jika dalam modem tersebut terdapat virus karena dapat menimbulkan bahaya yang dapat menular pada sistem-sistem lain.

Dalam kasus ini sebaiknya kita rutin melakukan scan pada modem tersebut dengan rutin atau setidaknya 1 kali dalam seminggu agar modem kita tidak terinfeksi virus.

  • Sering berganti slot
Hal ini juga sebagai pemicu modem kita tidak terdeteksi, misalkan pada awalnya anda memakai slot A, terus pada pemakaian kedua anda menggantinya di slot B, dan pada pemakaian berikutnya memakai slot A bahkan slot C, itu juga adalah pemicu modem anda sulit terdeteksi karena penggunaan slot yang tidak wajar sistem menjadi sulit membaca data modem tersebut.

Sebaiknya khusus pada penggunaan modem anda memilih salah satu slot untuk menjadi langganan modem anda.

  • Modem rusak secara fisik
Pada masalah ini saya angkat tangan karena saya tidak tahu tentang komponen" modem tersebut, jika hal ini terjadi sebaiknya anda pergi ke pelayanan service komputer dan coba menyerahkanya untuk di perbaiki karena merekalah yang lebih tahu tentang seluk beluk komponen tersebut dan yang pastinya mereka tau cara memperbaikinya.


Itulah beberapa penyebab yang menimbulkan modem kita sulit terdeteksi oleh sistem, alangkah baiknya kita mengantisipasi dari penyebab-penyebab tersebut dan menjaganya agar tidak terulang lagi kejadian modem yang sulit terdeteksi yang sedang kalian alami ini.


Ada beberapa cara untuk mengatasi modem yang tidak terdeteksi tersebut, dan berikut ini adalah cara mengatasinya...

Cara mengatasi modem yang tidak terdeteksi/terbaca di komputer/laptop

Cara 1 :

- Niat, karena ini adalah elemen yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan anda.
- Semangat dan berfikir positif, tanpa ada pemikiran tersebut tujuan anda tidak mungkin terlaksana.
- Lepas modem anda dari slot USB.
- Lakukan Uninstal pada aplikasi modem tersebut.
- Setalah Uninstal selesai, restart komputer/laptop anda.
- Instal kembali aplikasi modem tersebut.
- Setelah terpasang coba modem anda kembali apakah sudah berhasil atau belum, jika belum coba ke cara selanjutnya.

Cara 2 :

- Niat, karena ini adalah elemen yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan anda.
- Semangat dan berfikir positif, tanpa ada pemikiran tersebut tujuan anda tidak mungkin terlaksana.
- Tancapkan modem anda pada Slot USB
- Klik kanan pada My computer yang ada pada menu dekstop.
- Klik manage > Device Manager > Modem ( tampilkan kebawah ) > Klik kanan pada Modem Device anda > Update Driver Software > Browser My computer for Driver Software > Browse... > Local Disk > Program Files > Cari nama Modem anda ( Buka ) > Drivers > Pilih folder Xp/WIN7.
- Klik NEXT, Untuk memulai penginstalan driver.
- Setelah proses penginstalan selesai lepas modem anda lalu pasangkan lagi modem tersebut pada slot USB
- Selesai, uji Modem anda...

Cara mengatasi modem yang tidak terdeteksi
Cara mengatasi modem yang tidak terdeteksi



Nah itulah 2 cara mengatasi modem yang tidak terdeteksi oleh komputer/laptop. silahkan coba cara tersebut dan diterapkan pada masalah modem anda yang tidak terdeteksi, mudah-mudahan dengan cara tersebut modem anda bisa sehat kembali dan anda bisa melakukan berbagai aktivitas internet dengan lancar.

Okeh saya kira itu saja selamat mencoba...
Senang bisa berbagi ilmu dengan anda, terimakasih karena anda sudah membaca dan mengunjungi blog saya yang sangat sederhana ini.

Sampai jumpa di sesi berikutnya, Good Luck..................

Budayakan membaca.. dari membaca kita dapat menemukan jalan keluar dari problema yang kita alami karena membaca adalah sebuah kompas yang menuntun kita untuk menuju jalan yang benar.

Baca juga :




 Cara mengatasi modem yang tidak terdeteksi/terbaca di komputer/laptop






0 Response to "Cara mengatasi modem yang tidak terdeteksi/terbaca di komputer/laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel