-->

Sejarah LENOVO dan Perkembanganya

Produk teknologi yang pertama kali didirikan oleh  "Liu Chuanzi" dan bersama sepuluh orang lainnya pada tahun 1984 di Cina ini dulu bernama legend yang dalam istilah Cina lebih dikenal dengan Lianxiang.

Sejarah LENOVO dan Perkembanganya


Produk teknologi yang sekarang lebih dikenal Lenovo telah berhasil menjadi produsen komputer terbesar di dunia pada tahun 2013. Walaupun dulu Lenovo dianggap sebagai perusahaan kecil yang hanya bermarkas di ruang satpam dengan modal yang sangat minim, namun sekarang Lenovo mampu menjadi produsen terbesar di Cina sebelum tahun 2013.

Secara perlahan, perusahaan legend mulai dikenal di Cina dan berkembang menjadi perusahaan yang besar sejak perusahaan Cina ini bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO (World Trade Organization).  Perubahan nama dari legend menjadi Lenovo pada tahun 2004 yang ditetapkan oleh Liu Chuanzi pun membawa perubahan besar dengan keuntungan yang tidak bisa dibilang sedikit.

Pada tahun yang sama, Lenovo beerhasil memasuki peringkat ke delapan sebagai produsen PC terbesar di dunia. Dari sinilah Lenovo menjadi tonggak sejarah internasional.
Setalah berhasil mengambil alih divisi computer IBM, perusahaan terkemuka di Amerika Serikat pada tahun 2005, Lenovo pun menjadi sorotan dan bahan perbincangan dunia.

Setelah bergabungnya perusahaan IBM dan Lenovo, maka Lenovo membangun markas keduanya di Amerika dengan visi menjadi produsen PC terbesar di dunia dengan beragam produk seperti telepon genggam, perangkat pencitraan, produsen server, dan computer genggam terbaik.

Di samping Lenovo melakukan penjualan yang cukup baik, selama empat tahun berturut-turut dari tahun 2005-2009, Lenovo mengalami masa penjualan yang meningkat drastis selama berakusisi dengan IBM. Produk Lenovo Think Pad dan laptop canggih kreasi Lenovo dan IBM mempengaruhi sector penjualan yang meningkat. Produk lain pun akan semakin dikembangkan oleh Lenovo untuk meningkatkan lagi produk penjualan Lenovo ke pasaran dunia.

Pada akhirnya di awal tahun 2009, lebih tepatnya pada bulan Februari, kedudukan Liu Chuanzi sebagai CEO harus tergantikan oleh Yang Yuanqing karena pada masa itu Lenovo kurang berhasil untuk bersaing dengan produk teknologi lainnya. Setelah pergantian kepemimpinan, kondisi perusahaan Lenovo pun semakin membaik.

Yang Yuanqing mampu mengambil langkah besar bagi perkembangan masa depan Lenovo dengan mengubah bentuk atau tampilan Lenovo sehingga Lenovo kembali berjaya. Hasil kerja keras Yang Yuanqing dibuktikan pada tahun 2013 dimana sejumlah lembaga riset IDC (International Data Corporation) dan Gartner menyebutkan bahwa pangsa pasar Lenovo semakin meningkat 17,6. Dari sinilah Lenovo dinobatkan sebagai produsen PC terbesar di seluruh dunia.

Sejarah LENOVO dan Perkembanganya


Setelah mengakusisi IBM, selanjutnya Lenovo mengambil langkah untuk mengakusisi Motorola Mobility pada tahun 2014 dimana dua tahun sebelumnya Motorola Mobility telah dibeli Google. Pengaskusisian ini bertujuan untuk memantapkan diri dalam menghadapi persaingan perangkat mobile dunia mengingat persaingan smartphone sangat ketat kala itu.  Bahkan setelah mengakusisi Motorola Mobility, Yang Yuanqing berinisiatif untuk mengakusisi perusahaan lainnya walaupun kini Lenovo telah memiliki karyawan sebanyak 33.000 tetap di masa depan.

Setelah Motorola berhasil diakusisi oleh Lenovo, Lenovo kembali menjual produk Motorola namun dengan nama baru yaitu Lenovo Moto. Dengan demikian maka Lenovo mempunyai dua buah produk sub brand yang bernama Vibe dan Moto untuk jajaran produk smartphone. Vibe dan Moto masing-masing menjadi line-up sementara smartphone di Indonesia dimana Moto akan ditetapkan sebagai produk flasgip dan trendsetter sementara Vibe akan ditetapkan sebagai produk yang fokus pada harga dan performa.

Dikeluarkan Moto seri 360 2nd Gen bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang produk Motorola yang pernah dikeluarkan sebelumnya. Hanya saya terdapat sedikit perkembangan peraturan TKDN yang sedang ramai diperbincangkan. Seluruh seri Moto tidak akan sulit untuk dipasarkan di Indonesia. Dengan diakusisinya Motorola oleh Lenovo yang sebelumnya pernah dimiliki oleh Google, mampu memberikan keuntungan yang cukup besar untuk Lenovo yaitu 62,5 persen dari total pendapatan US$ 3,2 Milyar.

Selain itu, produk tablet terbaru juga telah dikenalkan Lenovo melalui ajang Mobile World Congress 2016 di Barcelona, Spanyol. Produk-produk tablet itu diantaranya Tablet seri Tab3 7, Tab3 8, dan Tab3 10.

Itulah sedikit sejarah tentang terbentuknya Lenovo dan perkembanganya dari masa ke masa, hingga saat ini produk tersebut mampu menjangkau pasar internasional, dan sangat diminati oleh berbagai kalangan masyarakat.

0 Response to "Sejarah LENOVO dan Perkembanganya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel